Minggu, 02 Februari 2014

JURNALISTIK ( BERITA KRIMINAL)


Di Tinggal Sembahyang, Kamera Lenyap
Sabtu 2 November 2013 masyarakat Rendang Karangasem dibuat gempar. Pasalnya salah satu penduduk desa tersebut kehilangan sebuah camera dirumahnya sendiri. Si pemilik camera I Gede Arsa Arimbawa (22) merasa kecolongan sebab dia meninggalkam rumahnya dalam keadaan tidak terkunci, yang lebih membuat bingung si pencuri ternyata hanya mengambil camera dan uang senilai Rp 200.000 padahal di rumah tersebut ada beberapa barang berharga lainnya seperti hp, laptop, dompet. Kasus ini kemudian dilaporkan ke kapolsek Rendang Karangasem.
Dari keterangan saksi serta keterangan dari korban I Gede Arsa Arimbawa (22) ternyata kejadiannya bermula saat I Gede Arsa Arimbawa beserta keluarganya pergi bersembahyang ke pura Jagatnata yang letaknya kurang lebih 500 meter dari rumahnya. Karena jarak rumah dengan pura berdekatan I Gede pun tidak mengunci pintu rumahnya, akhirnya jam 9 malam saat I Gede Arsa kembali kerumah camera pun sudah lenyap bak di telan bumi. Berdasarkan keterangan inilah polisi kemudian melakukan penyelidikan, di mulai dari rumah korban sampai ke tetangga korban. Akhirnya penyelidikan pun berbuah manis. Kasus pencurian ini pun mengarah pada I Kadek Dedi Agus Suarsana yang tak lain adalah tetangga korban.
Analisis Nilai Berita                                                                                                                            Objektif : Memang berita kriminal pencurian camera berdasarkan fakta dan benar-benar terjadi.           Aktual : Berita pencurian camera termasuk berita yang aktual dan masih terbaru belum basi.                    Luar Biasa : Termasuk aneh karena di tinggal beberapa menit sudah kehilangan barang berharga.         Penting : Berita kriminal tentang pencurian sangat penting untuk di publikasikan agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati jika ingin meninggalkan rumahnya. Meski hanya meninggalkan untuk sekejap. Jarak : Dekat, karena masih dalam lingkup daerah provinsi Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar