Kamis, 30 Januari 2014

TUGAS JURNALISTIK


 Nama              : Luh Ari Liani
 Nim                 : 10.1.1.1.1.3880        
 Jurusan          : Pendidikan Agama



MASALAH - MASALAH
PKM di SMA Negeri 2 Singaraja

            Jurnalistik berasal dari kata journal yang berarti catatan mengenai kejadian sehari-hari atau bisa disebut dengan catatan harian. PKM merupakan program pelatihan dalam menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan profesionalisme guru Agama Hindu dan Bahasa Bali yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa selama PKM atau Pratikum Sekolah di SMA Negeri 2 Singaraja adalah sebagai berikut :
1.      Banyaknya hari libur nasional dan hari raya yang dapat mengurangi proses KBM sehingga kelas yang didapat sangat ketinggalan dengan kelas yang lain.
2.      Sarana dan Prasarana yang ada di kelas rusak seperti LCD, sehingga ketika melakukan proses KBM menggunakan powerpoint tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan.
3.      Sradha atau keyakinan siswa terhadap ajaran Agama sangat kurang, ketika melakukan sembahyang (Puja Trisandhya) siswa itu tidak melakukan sembahyang kecuali ditunggu oleh guru baru mau melakukannya.
4.      Tata Krama, disiplin dan sopan santun siswa masih kurang. Ketika upacara bendera dan pembina menyampaikan suatu amanat, masih ada beberapa siswa yang ikut juga berbicara dan bercanda.
5.      Kesadaran siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekolah masih kurang. Ini dipicu karena siswa membawa makanan ke kelas padahal itu sudah ada aturannya bahwa dilarang membawa makanan/minuman kedalam kelas.
6.      Kegiatan pembersihan yang dilakukan setiap hari sabtu menjelang pulang belum berjalan efektif karena siswa sebagian besar tidak melakukan pembersihan.
Rutinitas senam yang dilakukan setiap hari jumat sebelum jam pelajaran dimulai belum maksimal, terutama anak-anak kelas XII banyak yang malas untuk mengikuti senam dan barisan yang dibelakang masih ada yang duduk-duduk ketika senam berlangsung. Sehingga penerapan kegiatan senam ini belum optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar